Kecepatan Akses Internet


1.    Pengertian Kecepatan Akses Internet
Kecepatan akses internet adalah kecepatan transfer data pada saat melakukan akses melalui jalur internet. Terdapat dua macam kecepatan akses internet, yaitu downstream dan upstream. Downstream merupakan kecepatan pada saat kita mengambil data-data dari server internet ke komputer kita. Misalnya, saat kita masuk ke search engine, browsing, dan lain-lain. Adapun upstream adalah kecepatan transfer data yaitu saat kita mengirimkan data dari komputer ke server. Baik downstream maupun upstream memiliki satuan kecepatan transfer data yaitu bps bit per sekon. Artinya, banyaknya bit data yang dipindahkan dari satu komputer ke komputer lain tiap detiknya.
Kecepatan akses internet dihitung dari jumlah data yang dikirim dalam satuan waktu. Jika kita mengirim 1kb file/detik, berarti kita telah mengirim 1.000 byte, dengan 1 byte = 8 bit maka data yang dikirim sama dengan 8.000 bit = 8 kbps kilo bit per sekon. Untuk satuan yang lebih besar mengggunakan Mbps mega bit per sekon berarti 1000 kbps.

2.    Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet
berikut ini adalah beberapa hal yang mempengaruhi kecepatan akses internet :
1.      Kecepatan yang diberikan / ditawarkan ISP yang anda gunakan.
Biasanya ISP (Internet Services Provider) memberikan beberapa penawaran tentang paket internetnya dengan kecepatan dan ketentuan yang berbeda satu sama lainnya. Pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan anda.
2.      Jenis dari koneksi internet yang anda gunakan
beberapa jenis koneksi yang biasa dipakai di Indonesia secara umum : 
    1. Dial Up : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem biasa
    2. ADSL     : melalui sambungan kabel telephone rumah dengan modem ADSL, jenis koneksi ini lebih cepat dari Dial Up
    3. GPRS     : melalui modem Handphone atau mobile modem atau modem GSM atau CDMA, tidak begitu cepat dibandingkan dengan ADSL Modem
    4. Wireless: melalui Jaringan Wireless yang disediakan ISP, koneksi ini lebih cepat dari ADSL Modem tergantung dari berapa kecepatan yang diberikan ISP dan kemampuan perangkat wireless anda menangkap sinyal
3.      Komputer yang anda gunakan
Komputer yang digunakan juga mempengaruhi kecepatan akses internet, semakin bagus spesifikasi komputer yang anda gunakan semakin baik koneksi internet anda.
4.      Sistem komputer
Sistem pada komputer yang digunakan juga sangat berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, seperti Operating System yang anda gunakan, sistem keamanan pada komputer terhadap serangan dari internet seperti trojan, virus, worm, dsb. Perlu diketahui sistem yang bersih akan berpengaruh pada kecepatan akses internet.
5.      Aplikasi browser yang digunakan.
Aplikasi / program / software yang digunakan untuk browsing di internet juga berpengaruh terhadap kecepatan akses internet, ada banyak sekali aplikasi browser saat ini, pilihlah yang menurut para peneliti di internet browser tersebut cepat dan aman. Contohnya : Internet Explorer 8, Mozilla Firefox, Opera, Google Chrome, Netscape, Maxthon dan lain-lain.
3.    Saluran-saluran Akses Internet
Saluran yang bisa bisa digunakan utuk memperoleh akses internet diantaranya adalah sebagai berikut :
a)      Jaringan Komputer (LAN)
       Mengakses internet menggunakan jaringan komputer lokal adalah menghubungkan komputer ke internet melalui sebuah jaringan lokal yang terhubung ke internet. Menghubungkan internet melalui LAN biasanya banyak dilakukan di perusahaan, laboraturium, sekolah, warnet, dan sebagainya.
Kelebihan  :
·         Biaya akses murah
Kekurangannya :
·         Jika sedang melakukan akses yang banyak, akses akan menjadi lamban
b)      Saluran telepon Langsung
Cara menghubungkan komputer kita ke internet menggunakan kabel telepon biasa atau lebih sering disebut dengan dial up.
Kelebihan :
·         Jaringan yang luas
Kekurangannya :
·         Harga yang masih relatif mahal
·         Kecepatan akses yang tidak stabil dan sangat tergantung pada beban percakapan di jaringan telepon,
c)      Teknologi ADSL
Teknologi ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line) memungkinkan saluran telepon biasa digunakan untuk melewatkan sinyal digital dengan kecepatan tinggi untuk mengirimkan data. Hal ini memungkinkan kita mengakses internet dengan kecepatan tinggi melalui saluran telepon.
Kelebihan :
·         Sambungan keinternet tidak akan terganggu meskipun ada telepon masuk atau keluar
Kekurangannya :
·         Harga modem yang relatif lebih mahal dibandingkan dengan modem dial-up
·         Dan harga langganan koneksi ADSL masih relatif mahal bila hanya digunakan untuk perorangan. Layanan ADSL juga belum tersedia di seluruh daerah.
d)     Kecepatan Akses Internet GPRS
GPRS (General Packet Radio Service) adalah teknologi pengiriman data dalam bentuk paket dengan memanfaatkan gelombang radio.
Kelebihan :
·         Memungkinkan kita mengakses internet dimana saja, selama  masih dalam jangkauan sinyal GPRS
Kekurangannya :
·         Kelemahan dari GPRS ialah untuk mendapatkan koneksi internet secara mobile, kita harus melakukan setting tertentu pada telepon selular kita.
·         Harga layanan yang relatif mahal
e)      Jairngan TV Kabel
Akses internet melalui jaringan TV kabel merupakan pilihan yang tepat bagi pengguna internet dalam sebuah keluarga, dimana beberapa orang dapat mengakses internet bersama-sama.
Kelebihan :
·         dapat mengakses internet setiap saat dan bebas dari gangguan telepon sibuk.
Kekurangannya :
·         hanya tersedia di kota-kota besar dan itupun terbatas di daerah-daerah tertentu saja yang djangkau oleh layanan TV Kabel
f)       WiFi
Wifi adalah singkatan dari Wireless Fidelity. WiFi adalah teknologi jaringan tanpa kable yang menggunakan gelombang elektromagnetik frekuensi tinggi untuk mengirimkan data
Kelebihan :
·         Pada umumnya, laptop saat ini sudah dilengkapi dengan card wireless, sehingga anda tidak perlu membeli modem lagi untuk mengakses internet.
·         Akses internet tidak hanya terpaku pada tempat dalam jangkauan kabel, tetapi dapat memilih tempat yang nyaman
Kekurangannya :
·         Koneksinya tergantung cuaca. Jika cuaca baik, koneksinya bagus. Namun jika ada hujan dan petir, biasanya menjadi lambat bahkan putus.
·         Kurang stabil jika digunakan dalam ruang tertutup
g)      3G
3G merupakan pengembangan teknologi GPRS dengan akses internet berkecepatan tinggi. Saat ini sistem yang umum digunakan adalah UMTS (jaringan 3G). Kecepatan akses bisa mencapai 384 Kbps.
Kelebihan :
·         Bisa digunakan dimana saja, asal masih dalam jangkauan jaringan provider 3G.
·         Kecepatan aksesnya lebih tinggi daripada GPRS.
·         Jika anda menggunakan time base dan berada dalam jangkauan 3G, anda dapat mendownload dengan cepat.
Kekuranganya :
·         Hanya bisa menggunakan sebatas pada daerah jangkauan operator penyedia layanan. Kekurangan lain terletak pada perangkat yang digunakan.
·         Harus mempunyai handphone yang dilengkapi dengan teknologi 3G.

0 komentar: