Sejarah Teknologi Informasi Dan Komunikasi (TIK)

1.        Masa Prasajarah (Sebelum 3000 SM)
Awalnya, teknologi informasi dikembangkan manusia sebagai sistem pengenalan bentuk-bentuk dengan menggambarkan informasi yang mereka dapatkan pada dinding-dinding gua, misalnya tentang berburu dan binatang buruannya. Pada masa ini, mereka mulai mengenal benda-benda di sekitar lingkungan mereka dan mewakilkan bentuknya pada lukidan di dinding gua tempat mereka tinggal. Kemampuan mereka dalam berbahasa hanya berkisar pada bentuk suara dengusan dan isyarat tangan sebagai bentuk awal komunikasi.
2.      Masa Sejarah (3000 SM s.d 1400 M)
Perkembangan tulisan semakin maju pada masa sejarah, mulai ditemukannya abjad fonetik, kertas sebagai media penulisan yang mudah dibawa, ingga cara pencentekan buku. Pada masa ini, informasi belum disebarkan secara massal. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada masa sejarah pada tabel berikut.
Zaman SejarahPrasasti
Peninggalan berupa prasasti menandakan suatu dinasti, atau bukti adanya kekuasaan sebuah kerajaan. Prasasti dapat diidentifikasi sebagai bukti bahwa tulisan dan bahasa sudah digunakan dengan baik. Zaman Sejarah Prasasti dengan bentuk tulisan yang dibuat.
Abacus Abacus, muncul 5.000 tahun yang lalu di Asia kecil dan masih digunakan di beberapa tempat hingga saat ini, dapat dianggap sebagai awal mula mesin komputasi. Para pedagang pada masa itu menggunakan abacus untuk menghitung transaksi perdagangan. Seiring dengan kemunculan pensil dan kertas, abacus kehilangan popularitasnya.
Masa Modern (1400 M – Sekarang)
Pada masa ini terjadi kemajuan yang berarti pada perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu, pelajari tabel berikut.

Zaman Modern Perkembangan alat pengolah data dapat dibagi menjadi 4 golongan:
Peralatan Manual Yaitu peralatan pengolahan data yang sangat sederhana.Faktor terpenting dalam pemakaian alat adalah menggunakan tenaga manusia. Contohnya abacus atau sempoa.Peralatan Mekanik  Yaitu peralatan yang sudah berbentuk mekanik digerakkan dengan tangan secara manual. Pada tahun 1642 Blaise Pascal menemukan “kalkulator roda numerik”, (numerical wheel calculator). Pascaline menggunakan delapan roda putar bergerigi untuk menjumlahkan bilangan hingga delapan digit.Kalkulator Mekanik Tahun 1694 seorang matematikawan Blaise Pascal (1623-1662) menemukan kalkulator roda dan filsof Jerman, Gottfried Wilhem numerik (numerical wheelvon Leibniz (1646-1716) disebut juga  Pascaline dengan membuat mesin Pascaline Calculator pada waktu berumur 18 tahun,yang dapat melakukan perkalian dan untuk membantu perhitungan. Kelemahan alat ini hanya menggunakan roda-roda gerigi.
Peralatan Mekanik Elektronik Tahun 1812 Charles Babbage memperhatikan kesesuaian antara mesin mekanik dan matematika. Tahun 1822 Babbage mengusulkan mesin untuk melakukan hitungan persamaan diferensial,disebut dengan Mesin Diferensial, menggunakan tenaga uap, dapat menyimpan program, melakukan kalkulasi dan mencetak hasilnya secara otomatis.Peralatan Mekanik Elektronik Tahun 1889, Herman Hollerith (1860-1929) menerapkan prinsip kartu perforasi untuk melakukan perhitungan. Dengan kartu perforasi waktu sensus Amerika Serikat yang sebelumnya membutuhkan waktu 7 bahkan 10 tahun dapat diselesaikan 6 minggu.Kartu perforasi digunakan oleh kalangan bisnis dan pemerintahan untuk proses data hingga tahun 1960.
Peralatan Elektronik
Yaitu peralatan yang bekerjanya secara elektronik penuh. Tahun 1931 Vannevar Bush (1890-1974) membuat kalkulator yang dapat menyelesaikan persamaandiferensial kompleks. Mesin tersebut sangat besar dan berat karena ratusan gerigi dan poros dibutuhkan untuk melakukan perhitungan.Peralatan Elektronik Tahun 1940, John V.Atanasoff dan Clifford Berry membuat komputer elektronik pertama dengan menerapkan Aljabar Boolean pada sirkuit elektronik. Prinsip Aljabar Boolean yang ditemukan oleh George Boole (1815-1864) adalah persamaan matematika menggunakan sistem biner yang juga berarti persamaanmatematika dapat dinyatakan sebagai benar atau salah.
Teknologi informasi dan komunikasi sampai saat ini terus berkembang pesat seiring dengan penemuan dan pengembangan ilmu pengetahuan, mulai dari sistem komunikasi sampai alat komunikasi yang searah maupun dua arah (interaktif).

SEJARAH PERKEMBANGAN KOMPUTER
Salah satu perangkat TIK yang paling berperan penting ialah komputer. Gagasan tentang komputer sebagai alat hitung mulai muncul pertama kali pada tahun 1822. Gagasan ini muncul ketika seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris, yaitu Charles Barbbage menciptakan suatu mesin hitung yang disebut difference engine. Mesin tersebut dipakai untuk menghitung tabel-tabel matematika. Pada tahun 1833, Charles Babbage mengembangkan diffence engine dengan konsep yang lebih mendalam dan umum. Mesin yang baru ini dinamakan analytical engine. Mesin ini dapat melaksanakan penghitungan apa saja, sehingga mesin inilah yang petama kali dikenal sebagai general purpose digital computer.
Sumbangan Charles Babbage ini sangat besar bagi dunia komputer karena prinsip kerja dari kedua mesin itu merupakan dasar kerja dari komputer sekarang. Prinsip yang menginspirasi ini antara lain adanya peralatan input, memori komputer, storage program, dan lain-lain. Karena sumbangan yang sangat besar ini maka Charles Babbage dianggap sebagai Bapak Komputer Modern.
Pada tahun 1937, Prof. Howard Aikem seorang ahli matematika dari Universitas Harvard mulai merancang pembuatan sebuah komputer yang mampu melakukan operasi aritmatika dan logika secara otomatis. Komputer tersebut mulanya dibuat secara mekanik elektronik. Kemudian pada tahun 1944, komputer tersebut terselesaikan secara elektronik dengan bantuan perusahaan IBM (International Bussines Mechanis Corporation). Komputer tersebut diberi nama Harvard Mark I Automatic Sequence-Controlled Calculator (ASCC). Komputer ini merupakan realisasi dari impian Charles Babbage. Jika dibandingkan dengan komputer sekarang komputer Harvard Mark I mempunyai perbedaan yang sangat menyolok terutama dalam hal kecepatan.
Baru pada tahun 1946 dibuat komputer elektronis pertama di Universitas Pensylvania  dengan Nama ENIAC ( Electronic Discrate Variabel Automatic Computer ) dan bekerja sama dengan J. Lyamsand Co.Ltd memproduksi komputer LEO ( Lyon Electronic Office ) tahun 1951. Dan pada tahun 1950, IBM memproduksi komputer UNIVAC (Universal Automatic Computer) oleh Spery Rand Corporation.

0 komentar: