Layanan Internet

Apa sajakah layanan yang dapat diperoleh di internet? Banyak sekali. Berikut ini sebagian dari layanan yang dapat diperoleh di internet.    
a)      WWW
WWW kepanjangan dari World Wide Web , merupakan fasilitas internet yang dapat menampilkan kumpulan informasi, gambar, suara, bahkan video.
Beberapa aplikasi Perangkat lunak yang digunakan untuk membuka www atau istilahnya adalah browser antara lain adalah 
·        Opera
·        Internet explorer
·        Mozilla Firefox, dan
·        Netscape Navigator.
File yang dikirim dalam layanan web ini berekstensi *.htm atau *.html. HTML merupakan singkatan dari hypertext markup language, yaitu satu bahasa yang digunakan untuk mendefinisikan susunan informasi dalam file hypertext.

b)      Email
Email istilah Indonesia adalah surat elektronik, adalah aplikasi yang memungkinkan para pengguna internet untuk saling berkirim pesan melalui alamat elektronik di internet. Para pengguna email memilki sebuah mailbox (kotak surat) elektronik yang tersimpan dalam suatu mailserver (situs penyedia layanan email).

c)      Mailing list
Pengertian Mailing List (Milis) adalah aplikasi Internet yang digunakan sebagai sarana diskusi atau bertukar informasi dalam satu kelompok melalui email. Milis sebenarnya bentuk lain dari email. Fasilitas ini digunakan oleh kelompok-kelompok untuk bertukar informasi dan berdiskusi sesama anggota kelompok.

d)      FTP (File Transfer Protocol)
FTP adalah aplikasi Internet yang digunakan untuk mengirimkan atau mengambil file ke atau dari sebuah komputer lain melalui jaringan internet. Fasilitas ini memungkinkan para pengguna internet untuk melakukan pengiriman (upload) atau mengunduh (download) sebuah file antara komputer lokal dengan komputer lain yang terhubung dalam jaringan internet.

e)      IRC
Description: utp-rj45Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai "chat" saja adalah aplikasi Internet yang digunakan untuk bercakap-cakap di Internet.
Kegiatan chatting membutuhkan software yangdisebut IRC Client, diantaranya yang paling populer adalah software mIRC, Yahoo messanger, ebuddy, Skipy
Belakangan, dengan semakin tingginya kecepatan akses internet, maka aplikasi chat terus diperluas sehingga komunikasi tidak hanya terjalin melalui tulisan namun juga melalui suara (teleconference), bahkan melalui gambar dan suara sekaligus (videoconference).

f)       VoIP (Voice over Internet Protokol)
VoIP merupakan layanan untuk menelepon melalui internet. Cara ini dapat menghemat pulsa interlokal/internasional karena akses internet hanya menggunakan pulsa telepon local

g)      PING
Ping adalah singkatan dari Paket Internet Gopher. Ping digunakan untuk mengetahui apakah komputer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi) dengan komputer lain di Internet. Pengecekan hubungan ini dilakukan dengan cara mengirimkan sejumlah paket data.

0 komentar: