Mematikan Komputer Sesuai Prosedur


Sama halnya dengan prosedur mengaktifkan/menghidupkan komputer, mematikan komputer juga harus sesuai dengan prosedur aturan-aturan yang baku. Berbeda dengan barang elektronik pada umumnya dimana cara mematikannya cukup menekan tombol power on/off. Cara mematikan komputer harus melalui program operasi karena ada bagian-bagian dari perangkat keras komputer yang rentan terhadap tegangan listrik yang tidak stabil antara lain : Power Supply, Hard Disk, Memory (RAM), Processor, VGA dan lain-lain.
Khusus perangkat Hard Disk sistem kerjanya adalah membaca program dengan cara head menempel pada piringan (platter) yang berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi sehingga jika aliran listrik berhenti mendadak maka akan terjadi gesekan yang keras antara piringan Hard disk dengan head akibatnya piringan (platter) akan tergores dan pembacaan program menjadi terganggu atau data yang tersimpan menjadi rusak.  Jika kita mematikan komputer dengan baik maka sistem operasi akan mengatur mekanisme putaran piringan Hard disk agar tidak berhenti mendadak barulah aliran listrik diputus oleh sistem.
 
 Prosedur Mematikan Komputer Dengan Benar
a.    Tutup semua program aplikasi yang sedang aktif sehingga kembali ke tampilan awal program operasi atau desktop. Hal ini dilakukan agar posisi head tidak dalam keadaan membaca data. Jika sedang bekerja dengan data/dokumen yang penting pastikan data tersebut telah tersimpan dengan baik pada media penyimpanan. Jika menggunakan mouse, klik tombol close, jika menggunakan keyboard untuk menutup program dengan menekan tombol Alt + F4.
b.    Untuk Windows 98, Windows 2000, Windows ME
1)    Klik Start, Klik Shut down
2)    Klik bulatan Shut down lalu klik Ok jika ingin benar-benar mematikan komputer.
3)    Jika menggunakan keyboard tekan tombol Alt + F4
c.    Jika mengunakan Windows XP, Vista dan Seven
1)    klik Start, Klik Turn Off Computer
2)    Klik Turn Off Computer jika ingin mengakhiri penggunaan komputer
3)    Jika menggunakan keyboard  tekan tombol Alt + F4
d.    Klik Restart jika menginginkan menghidupkan ulang komputer, maka sesudah mati sebentar komputer akan menyala lagi secara otomatis.
e.    Selanjutnya matikan monitor dengan cara menekan tombol power on/off dan matikan juga perangkat lain yang terhubung ke perangkat komputer yang kita gunakan.

0 komentar: