Mengenal Software Komputer


 
 Software atau perangkat lunak adalah perangkat komputer yang tidak dapat dipegang karena merupakan suatu rangkaian elektronik atau data digital yang memerintahkan komputer untuk melakukan tugas tertentu. Rangkaian instruksi itu sering disebut program. Dua tipe software yang biasa ditemui adalah :
1.   System Software
Software System atau Sistem Operasi (Operating System/OS) adalah sebuah program dasar yang berfungsi untuk mengatur seluruh proses kerja komputer meliputi pengaturan hardware dan program aplikasi. Software sistem sebuah komputer disebut juga platform software.
Sistem operasi jenisnya sangat banyak antara lain :
a.   DOS (Disket Operating Sistem)
Mulai diperkenalkan pada tahun 1980 oleh pengembangnya yaitu Microsoft Corpora-
tion. Sistem ini menggunakan disket sebagai tempat penyimpanannya.
b.   Windows
Mulai diperkenalkan tahun 1985 dan merupakan pengembangan dari Sistem operasi DOS namun sudah memakai sistem GUI (Graphic User Interface) yaitu pengontrolan sistem melalui tampilan grafis.
c.   Linux
Merupakan sebuah program operasi yang bersifat Free dan Open Source, artinya boleh di- ambil secara gratis dan pengguna diijinkan untuk memodifikasi sesuai kebutuhan.
d.   MacOS
Merupakan singkatan dari Macintosh Operat- ing System, yaitu sistem operasi yang dikeluar- kan oleh pabrik komputer Apple.
e.   UNIX
Unix mulai diperkenalkan pada tahun 1970 dan merupakan operating sistem yang sangat tangguh namun masih berbasis Command Line Interface yaitu pengaturan sistem dengan menuliskan (mengetik) perintah.
2.   Aplication Software
Aplication software adalah software yang fungsinya untuk menyelesaikan tugas tertentu. Contoh dari program aplikasi antara lain :
a.   Program pengolah kata (Word Processor).
Program yang digunakan untuk urusan tulis menulis naskah. Contoh : Microsoft Word, Open office writer dan sebagainya.
b.   Program pengolah angka (Spread sheet).
Program yang digunakan untuk urusan operasi perhitungan. Contoh : Microsoft Excel, Open office calc dan sebagainya.
c.   Program pengolah gambar (Grafis)
Program yang digunakan untuk menggambar atau mengolah hasil fotografi. Contoh : Corel draw, ACD see, Photoshop dan sebagainya.
3.  Utility Software
Program yang berfungsi untuk membantu sistem operasi dan pengaturan terhadap hardware
Contoh: PC Tools, Anti Virus, Partition Magic dan lain-lain.
Untuk mendapatkan berbagai jenis software baik jenis operating sistem maupun aplikasi dan lainnya dapat dilakukan dengan dua cara yaitu :
1)  Membeli software secara ilegal artinya tidak membeli produk bajakan dari provider atau distributor yang ditunjuk dari pabrik pembuat software
2)  Dengan cara mengambil dari internet secara gratis, cara ini dinamakan download. Software yang diambil bersifat free atau open source artinya boleh diambil tanpa harus membeli atau memiliki lisensi.

0 komentar: